BANJIR ROB TERJANG SEBUAH DESA DI WILAYAH PANTAI INDUK


LOBAR – Rabu (25/07) pagi, sebuah desa yang berada di kawasan pantai Induk diterjang banjir rob yang diakibatkan oleh ombak besar. Informasi bencana alam ini diterima Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram pada pukul 08.55 wita dari bapak Sarfin salah satu anggota Tagana Lombok Barat.

WhatsApp Image 2018-07-25 at 08.44.05.jpeg

Beberapa menit kemudian setelah menerima laporan, Tim rescue diterjunkan ke lokasi untuk melakukan pencarian dan evakuasi terhadap warga yang terkena dampak banjir tersebut. Sesampainya dilokasi, tim rescue berkoordinasi dengan instansi/pihak terkait dan bersama-sama memberikan bantuan SAR terhadap warga sekitar.

WhatsApp Image 2018-07-25 at 15.28.07 (1).jpeg

Sekitar pukul 04.00 wita air mulai laut naik dan merendam pemukiman Dusun Taman Induk desa Taman Ayu kec. Gerung Lombok Barat. Puluhan unit rumah warga terendam air dan 7 nelayan tidak bisa menepi, terang Lalu Imran Kadus Taman Induk saat ditemui dilokasi.

WhatsApp Image 2018-07-25 at 08.37.00.jpeg

Sementara I Nyoman Sidakarya Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram menjelaskan, hingga pukul 09.50 wita tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi 115 kepala keluarga dan 7 nelayan dalam keadaan selamat. 7 nelayan yg awalnya tidak menepi berhasil dievakuasi dengan cara memandu dari pinggir pantai. “saat dilokasi, gelombang pantai mencapai sekitar 3 hingga 4 meter dengan kecepatan angin sekitar 10 hingga 15 knots, mengakibatkan 50 unit rumah terendam air dan 1 diantaranya mengalami rusak berat”, ungkapnya. Disamping itu, Nyoman Sidakarya juga menghimbau kepada warga atau nelayan setempat untuk sementara tidak melaut mengingat akhir-akhir ini gelombang laut cukup tinggi.

Disaat yang sama, laporan kembali diterima, beberapa tempat yang berada di sepanjang pesisir pantai lombok barat, kota mataram hingga lombok utara terjadi hal serupa. Tim rescue kembali diterjunkan untuk melakukan pemantauan dan berkoordinasi dengan instansi/pihak terkait ke beberapa lokasi yang dilaporkan. Hingga berita ini diturunkan, dibeberapa lokasi tersebut gelombang sudah mulai terlihat tenang dan tidak ada korban jiwa maupun yang membutuhkan evakuasi. (ln/hms mtr).



Kategori General Artikel , General Berita , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : gunk
25 July 17:13 WIB