HUT KORPS MARINIR, POS SAR KAYANGAN TANAM TERUMBU KARANG


LOMBOK TIMUR – Memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Korps Marinir ke-72 pada tanggal 15 November mendatang, Pangkalan TNI AL Mataram bersama dengan Pos SAR Kayangan dan Komunitas Pelestari Honda Antic (Kopelhac) melaksanakan transplatasi terumbu karang di Perairan antara Selat Alas dan Gili Kondo Kecamatan Sambelia Kabupaten Lombok Timur, Minggu (12/11).

Selain tranplantasi terumbu karang, juga dilaksanakan kegiatan bersih-bersih pantai dan pengobatan gratis . Acara dibuka secara resmi oleh Pjs Pasops Lanal Mataram Mayor Laut (P) I Gde Padang Suryawan yang mewakili Danlanal Mataram di pos TNI AL Selat Alas. Dalam sambutannya menyampaikan, sebagai masyarakat Indonesia harus bangga dan bersyukur karena tidak semua laut memiliki terumbu karang yang indah di dalamnya seperti laut Indonesia. transplatasi terumbu karang akan memberikan manfaat positif bagi pertumbuhan ekologis dan ekonomis di wilayah Lombok Timur.

β€œMenjaga kelestarian terumbu karang ini bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah tapi juga tanggung jawab kita bersama. Maka dari itu kita sebagai bangsa bahari harus berbangga dengan kekayaan alam yang kita miliki dan menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia,” tegasnya. Kegiatan Bhakti Sosial ini diawali dengan penyerahan secara simbolis alat selam untuk transplantasi terumbu karang, alat kebersihan untuk bersih-bersih pantai dan obat-obatan untuk bhakti sosial kesehatan. Bhakti Sosial ini melibatkan unsur TNI/Polri, Kopelhac Lombok, Saka Bahari Lanal Mataram dan juga sekitar 500 masyarakat sekitar.

Dua (2) orang personil mewakili pos SAR Kayangan ikut menjadi tim penyelam bersama TNI AL dan Kopelhac membantu meletakan hasil transplantasi terumbu karang di dasar perairan antara Selat Alas dan Gili Kondo. Peletakan dilakukan secara silih berganti oleh anggota tim penyelam yang berjumlah sekitar 10 orang. Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Danramil Sambelia Kapten Inf Musliman, Kapolsek Sambelia Iptu Zainudin Basri, Camat Sambelia Zaiful Akmal, Kades Padak Guar Adam S.Sos serta koordinator pos SAR Kayangan Putu Eka. (ln/hms mtr).



Kategori General Berita .
Pengunggah : mataram