PERKEMBANGAN OPERASI SAR PESAWAT LIBERTY PK LLC


SUMBAWA – Sabtu (1/11/14) memasuki hari ketiga hasil operasi pencarian  terhadap pesawat Liberty PK LLC yang mengalami lost contact di sekitar pulau Moyo belum membuahkan hasil. Dari beberapa tanda – tanda atau barang bukti yang telah ditemukan pada hari sebelumnya dilokasi pencarian, juga belum dapat menjadi  petunjuk titik terang koordinat pasti lokasi jatuhnya pesawat tersebut sehingga tim SAR yang melakukan pencarian pada hari ini terkendala untuk melakukan fokus penyelaman secara maksimal.

Tehnik pencarian hari ini hampir sama dengan hari sebelumnya yaitu penyisiran melalui udara, laut dan darat dengan melibatkan 1 unit helikopter Basarnas, Riggid Inflatable Boat Kantor SAR Mataram dan pesawat Cassa milik TNI AL. Untuk tehnik pencarian di laut selain melakukan penyisiran dipermukaan laut, juga dilakukan penyelaman pada 12 titik dengan melibatkan penyelam dari tim rescue Kantor SAR Mataram dan penyelam dari berbabgai unsur seperti TNI AL, pihak swasta dan nelayan.

          Kepala Kantor SAR Mataram Budiawan, S.sos, M.si selaku SMC (Sar Mission Coordinator) mengatakan dalam evaluasi dan briefing untuk rencana operasi SAR pada hari berikutnya, pencarian akan diperluas melaui jalur darat dengan tehnik Explore SAR atau penyisiran didarat hingga radius 1,2 mil dari lokasi koordinat hilangnya kontak pesawat. Untuk pencarian dilaut tetap melakukan penyisiran dan penyelaman serta ditambah dengan dukungan alat pendeteksi logam dibawah air berupa Sonar Scan Side dan ROV (Remotely Operated Under Water Vehicle) sementara untuk udara tetap melakukan pencarian dengan helicopter memperluas area pencarian  hingga 10 mil dari lokasi hilangnya pesawat.

             Unsur – unsur yang akan dikerahkan adalah potensi SAR yang sebelumnya sudah terlibat ditambah 2 anggota BSG (Basarnas Special Group) yang didatangkan dari Kantor Pusat Basarnas Jakrta sebagi operator alat pendeteksi dibawah air. (cak/hum)



Kategori Kecelakaan Penerbangan .
Pengunggah : author