Tim SAR Berhasil Temukan Suparji di Kalimas


Mojokerto – Setelah melakukan upaya pencarian sebelumnya, tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan Suparji (57) di Kalimas, kecamatan Jetis, kabupaten Mojokerto, pada Selasa (18) sekitar pukul 03.30 WIB dalam kondisi meninggal.

Komandan tim operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya, I Wayan Suyatna mengatakan, jenazah Suparji ditemukan di lokasi yang berjarak sekitar tiga kilometer dari TKK (Tempat Kejadian Kecelakaan).

Setelah dievakuasi dari sungai, lanjut Wayan, selanjutnya jenazah Suparji dibawa tim SAR gabungan ke rumah duka dan diserahkan kepada pihak keluarga untuk kemudian dimakamkan.

Sebelumnya dalam upaya pencarian yang telah dilakukan, tim SAR gabungan mengerahkan empat SRU (Search and Rescue Unit) air dan satu SRU darat. SRU air yang pertama melakukan penyisiran di sekitar TKK dengan menggunakan perahu rafting.

Sementara itu, SRU air yang kedua, ketiga dan keempat melakukan penyisiran di kanan dan kiri sungai secara bergantian menuju ke arah hilir. Dalam penyisiran ini, tiga SRU air ini menggunakan perahu karet yang dilengkapi dengan mesin Mopel (Motor Tempel) berkekuatan 25 PK.

Di beberapa lokasi yang dicurigai, SRU air melakukan manuver perahu karet guna menciptakan gelombang air yang besar. Hal ini dimaksudkan agar korban yang semula diduga berada di dasar sungai, dapat terangkat ke permukaan.

Pada saat yang bersamaan, SRU darat bergerak melakukan pemantauan di sejumlah titik yang dicurigai dilewati korban. Disela-sela pemantauan darat, SRU darat menyebarluaskan informasi terkait kejadian tenggelamnya Suparji ini kepada warga yang beraktivitas di sekitar sungai.

Penyebarluasan informasi kejadian ini bermanfaat apabila nantinya ada warga yang melihat tanda-tanda keberadaan korban, maka diharapkan agar melaporkannya kepada petugas yang melakukan pencarian.

Dalam upaya pencarian Suparji ini, sejumlah pihak ikut berperan serta, diantaranya tim Kantor SAR Surabaya, PMI kabupaten Mojokerto, BPBD kabupaten Mojokerto, Polsek Jetis, Koramil Jetis, KRI, RAPI, SAR Penanggungan, Puskesmas Jetis dan warga sekitar.

Menurut informasi yang diperoleh, kejadian yang dialami Suparji ini berawal saat Ia mencari pakan ternak berupa daun di atas pohon yang berada di tepi Kalimas, pada Senin (17/6) sekitar pukul 15.30 WIB. Diduga Ia terjatuh ke sungai dan hanyut terbawa arus. (Lib)



Kategori Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
18 June 5:30 WIB