KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN MATARAM EMERGENCY CALL (0370) 633253


BASARNAS MATARAM DUKUNG SOP CHSE DALAM BIDANG SAFETY


Tim SAR gabungan dari Basarnas Mataram, TNI, Polri, petugas kesehatan, KKP, BPBD, Dishub, Syahbandar dan unsur lainnya mengevakuasi tiga wisatawan mancanegara (wisman) dari Gili Tramena (Trawangan, Meno, Air), Selasa (15/12). 

Mereka yang masing-masing berada di Gili Trawangan, Air, dan Meno dibawa menuju pelabuhan Bangsal. Selanjutnya wisman yang terpapar Covid-19 tersebut dibawa ke RSUD Lombok Utara menggunakan ambulan milik PKM Nipah untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

Kejadian tersebut merupakan rangkaian simulasi SOP CHSE di destinasi wisata Lombok Utara yang digelar oleh Pemda Lombok Utara melalui Dinas Pariwisata dan BPPD setempat.

Dalam meningkatkan sektor pariwisata nasional, termasuk di NTB di masa pandemi saat ini, harus menerapkan program yang tepat.

"Di masa pandemi ini kita harus mampu beradaptasi secara maksimal agar dapat kembali meningkatkan aktivitas pariwisata kita yang sempat menurun, salah satu program yang tepat adalah dengan cara menerapkan protokol kesehatan berbasis Clean, Healt, Safety, Environtment (CHSE) di setiap destinasi yang ada," kata Kepala Dinas Pariwisata NTB, H Lalu Moh Faozal, saat menghadiri kegiatan simulasi SOP CHSE, Senin (14/12) di pantai Pandanan, Lombok Utara.

Terpisah, Kepala Basarnas Mataram Nanang Sigit PH mengatakan mendukung kegiatan yang digelar oleh Pemda Lombok Utara.

“Sesuai dengan SOP Basarnas, kami mendukung kegiatan tersebut dalam bidang safety atau keselamatannya baik saat simulasi maupun saat diimplementasikannya SOP CHSE tersebut,” kata Nanang Sigit PH, di Mataram.

Nanang menambahkan, Basarnas Mataram memiliki beberapa Pos SAR, salah satunya berada di wilayah Lombok Utara yaitu Pos Siaga SAR Bangsal.

“Saat dibutuhkan sewaktu-waktu, Pos Siaga SAR Bangsal siap diterjukan untuk kembali meningkatkan aktivitas pariwisata khususnya di Gili Matra,” imbuhnya.

Kegiatan ini didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dispar NTB, dan dihadiri para pelaku wisata dan stakeholders terkait lainnya. 

Secara keseluruhan kegiatan simulasi SOP CHSE dilakukan selama dua hari yang diawali dengan Tactical Floor Game (TFG) untuk menjelaskan simulasi SOP yang akan diterapkan pada tanggal 15 Desember 2020 di pelabuhan bangsal dan tiga Gili Serta akan menjadi SOP CHSE yang baku untuk seterusnya. (ln/hms mtr).



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Recylia
16 December 6:40 WIB